Daftar Hasil Ujian TKD dan TKB CPNS Indonesia 2012-2013
Info Seputar PNS-CPNS

Silahkan klik link di bawah ini:

Kamis, 20 Desember 2012

Basel Siap Rekrut CPNS 2013

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bangka Selatan (Basel) siap merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2013 mendatang. Kepala BKD Pemkab Basel, Taufikkullah, mengatakan persyaratan merekrut CPNS tahun 2013 yang ditetapkan Menpan RB telah disiapkan, seperti Analisis Jabatan (Anjab), Analisis Beban Kerja (ABK) dan kebutuhan pegawai selama 1-5 tahun serta peta jabatan. "Karena ini adalah peraturan baru yang ditetapkan Menpan bersama BKN untuk perekrutan CPNS," jelasnya kepada RB, Minggu (22/7) kemarin.
Taufik menuturkan, persyaratan ini baru saja diberlakukan pada tahun 2012. Seperti diketahui, tahun ini Basel tidak mendapatkan jatah merekrut CPNS dikarenakan formasi yang diajukan ke Menpan RB dan BKN tidak memenuhi syarat, salah satunya adalah tidak dilengkapi lampiran Anjab dan ABK. "Dengan adanya peraturan serta persyaratan baru ini, dari 500 lebih kabupaten dan kota se-Indonesia hanya 17 kabupaten/kota saja yang dikabulkan oleh Menpan untuk merekrut CPNS tahun 2012. Kalau enggak salah, dari 17 kabupaten yang dikabulkan Menpan tersebut ada 3 kabupaten di Provinsi Bangka Belitung (Babel) tahun ini bakal menggelar perekrutan CPNS. Jadi, bukan hanya Basel saja yang tidak merekrut CPNS di tahun 2012 ini tetapi kabupaten lainnya juga tak bisa melakukan perekrutan CPNS," terangnya. "Bayangkan saja," tambahnya, "dari 500 lebih kabupaten/kota di Indoensia hanya 17 kabupaten/kota saja yang dikabulkan Menpan karena ajuan formasi yang mereka sampaikan memang telah memenuhi persyaratan. Sementara, ajuan yang kita sampaikan ke Menpan dan BKN masih mengacu kepada peraturan yang lama."
Lebih lanjut, Taufik menegaskan pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin untuk merekrut CPNS tahun 2012, meskipun akhirnya ditolak Kemenpan RB. Namun, walau tahun ini tak dapat merekrut CPNS, dia optimistis pada 2013 nanti Basel mendapat kuota lebih banyak untuk perekrutan CPNS karena semua prosedur dan persyaratan yang ditetapkan Menpan telah dipersiapkan dan dikirim pada 29 Juni lalu. "Insya Allah, tahun 2013 nanti Basel dapat merekrut CPNS. Kita mengajukan banyak formasi dan kuota pun di atas 600 ratus, karena untuk mencukupi kebutuhan pegawai selama lima tahun. Semoga ajuan yang kita sampaikan beberapa waktu lalu direspon baik oleh Menpan serta BKN. Yang pasti kita telah menyiapkan semua persyaratan baru yang ditetapkan Menpan bersama BKN," harapnya.
Formasi CPNS tahun 2013 yang diajukan Pemkab Basel meliputi seluruh formasi sesuai dengan ajuan dari kebutuhan masing-masing Satuan Kerja (Satker) lingkungan Pemkab Basel. "Kita memang tak bisa merekrut CPNS tahun ini, tetapi melalui CPNS database, Basel adalah kuota yang paling tinggi memperoleh PNS dari database kalau dibandingkan dengan daerah lain. Provinsi saja hanya mendapatkan jatah 40 untuk pengangkatan CPNS database menjadi PNS, sementara kita mendapatkan jatah 82 yang bakal diangkat menjadi PNS dari database," pungkasnya. (Tom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar